FB

FB


Ads

Kamis, 31 Januari 2019

Bukek Siansu Jilid 070

Orang yang tidak memiliki ginkang dan sinkang jangan mencoba-coba untuk menyebrang menggunakan cara seperti ini. Bambu sebatang yang diinjak kaki itu tentu saja amat berbahaya, selain licin juga dapat berputar sehingga kaki dapat terpeleset.

Namun, dengan kekuatan sinkang, telapak kaki mereka seolah olah melekat pada batang bambu itu tidak dapat berputar, dan dengan ginkang mereka lima orang lihai kepercayaan An Lu Shan itu dapat memperingan tubuh mereka dan bambu yg mereka injak itu meluncur cepat ke tengah rawa. Mereka adalah orang-orang yang memiliki ilmu kepandaian tinggi. Yang paling rendah tingkatannya di antara mereka adalah Bu Swi Nio, padahal wanita ini sudah amat lihai karena semenjak kecil dia telah digembleng pula oleh wanita sakti The Kwat Lin, ratu dari Pulau Es!

Diam-diam dari tempat persembunyian, banyak pasang mata mengintai dan memandang dengan kagum ketika lima orang itu meluncur datang ke arah pulau di tengah Rawa Bangkai. Melihat lima orang itu menggunakan sebatang bambu yang diinjak, melihat mereka itu menggunakan kepandaian membunuh ular dan binatang berbisa lain yang menghadang di tengah perjalanan itu, oarng-orang Rawa Bangkai menjadi kagum dan segera melaporkan kepada Kiam-mo Cai-li dan The Kwat Lin akan kedatangan lima orang itu.

Kedua orang wanita sakti ini segera berunding sambil menanti kedatangan mereka. Melihat bahwa Bu Swi Nio berada di antara mereka, The Kwat Lin menjadi marah sekali.

"Keparat," desisnya marah. "Murid itu mengantarkan nyawanya ke sini!"

"Ahhh, The-lihiap, mengapa marah? Harap diingat bahwa dia bukanlah muridmu yang dahulu, melainkan seorang pembantu An Lu Shan yang dipercaya. Karena itu, untuk memulai dengan hubungan persekutuan, amatlah tidak baik memusuhi utusan An Lu Shan," kata Kiam-mo Cai-li.

The Kwat Lin tercengang dan teringat akan cita-citanya. Memang benar, urusan pribadi harus dikesampingkan kalau dia ingin agar cita-citanya yang amat tinggi untuk putranya itu akan dapat terlaksana. Maka dia lalu mengajak Kiam-mo Cai-li berunding bagaimana untuk menghadapi lima orang itu, utusan-utusan An Lu Shan dimana termasuk bekas muridnya itu. Kiam-mo Cai-li yang amat cerdik lalu memberi nasihat-nasihat sehingga keduanya dapat mengatur siasat.

Biarpun penyebrangan itu amat sukar dan mereka berlima harus membunuh banyak ular berbisa, saling bantu membantu ketika batang bambu mereka itu menemui banyak halangan, akhirnya lima orang itu berhasil juga melompat ke atas pulau dimana telah berdiri serombongan orang yang ditugaskan menyambut mereka.

Melihat dua puluh lebih orang yang berdiri seperti pasukan menyambut mereka, Pat-jiu Mo-kai segera tertawa bergelak dan berkata,

"Ha-ha-ha, sungguh bagus sekali penyambutan Rawa Bangkai terhadap utusan dari An Goan-swe!"

Seorang di antara anggauta pasukan itu, yang berjenggot panjang dan bermata sipit, melangkah maju dan memberi hormat.

"Selamat datang di Rawa Bangkai! Karena kami tidak tahu bahwa Cuwi yang terhormat datang berkunjung maka kami tidak mengadakan penyambutan di luar rawa. Akan tetapi Cuwi telah memperlihatkan kegagahan yang membuat kami tunduk dan kagum. Sekarang, silahkan Cuwi semua ikut dengan kami menghadap Hong-houw (Ratu)."

Diam-diam lima orang itu terkejut juga sungguhpun mereka tahu siapa yang dimaksudkan dengan sebutan ratu itu. Benar-benar bekas ketua Bu-tong-pai adalah seorang wanita yang angkuh dan hendak menerima mereka sebagai seorang ratu!

Akan tetapi karena mereka berada di sarang yang berbahaya, mereka tidak banyak cakap melainkan mengikuti pasukan itu menuju ke tengah pulau dimana terdapat bangunan-bangunan yang kuat dan cukup indah. Lima orang utusan An Lu Shan itu diterima oleh The Kwat Lin, Kiam-mo Cai-li Liok Shi, dan Han Bu Ong putra The Kwat Lin, di dalam sebuah ruangan yang luas.

Agak pucat muka Swi Nio dan otomatis dia menyentuh tangan Liem Toan Ki yang membalas dengan genggaman seolah olah hendak menghibur kegelisahan calon istrinya itu. Tentu saja Swi Nio merasa takut karena dia sudah mengenal watak subonya yang keras dan kejam, juga maklum betapa lihainya subonya itu. Dia tahu bahwa andai kata subonya berniat buruk, mereka berlima tentu akan tewas semua di tempat itu.

"Ibu, itu Swi-suci yang telah minggat datang kembali!" tiba tiba Han Bu Ong berkata sambil menudingkan telunjuknya ke muka Swi Nio.

Swi Nio tidak dapat berdiam diri lebih lama lagi, dan dia maju menjatuhkan diri berlutut sambil berkata,






"Subo, teecu harap subo sudi mengampunkan teecu."

The Kwat Lin memandang tajam sejenak lalu menghela napas dan menggerakkan tangannya. Dia cukup bermata tajam untuk dapat melihat betapa empat orang laki laki yang datang bersama Swi Nio itu bersikap siap siaga dan kalau dia menurutkan hati panas turun tangan mengganggu muridnya itu, tentu empat orang utusan An Lu Shan itu akan membela Swi Nio mati matian. Hal ini sama sekali tidak diharapkannya dan sudah dibicarakannya tadi bersama Kiam-mo Cai-li, maka dia menekan perasaannya dan berkata,

"Bangkitlah, engkau pergi dan menjadi kepercayaan An Goanswe, tidak terlalu mengecewakan."

Lega bukan main hati Swi Nio dan dia bangkit berdiri lalu berkata kepada Bu Ong,
"Sute engkau baik baik saja, bukan?"

An Bu Ong yang biarpun masih kecil namun sikapnya sudah seperti orang dewasa itu mencibirkan bibirnya, mendengus seperti orang mengejek, lalu berkata,

"Suci, baik sekali engkau, ya? Suheng dibunuh orang, dan ibu sampai lari ke sini, akan tetapi engkau malah minggat dan enak enak saja!"

"Bu Ong, diamlah engkau!" The Kwat Lin berkata, lalu melanjutkan kepada Swi Nio, "Swi Nio, tahukah engkau bahwa kakakmu telah tewas?"

Swi Nio mengangguk dan air matanya bercucuran dan segera diusapnya.
"Teecu sudah mendengar akan hal itu, Subo."

"Kalau begitu kita sama-sama mendendam kepada pemerintah. Kita lupakan saja semua urusan lama, Swi Nio, dan baik sekali kalau kita dapat bekerja sama. Agaknya engkau kini sudah dipercaya menjadi utusan An Goanswe, ya?"

Swi Nio cepat menjawab dan memperkenalkan teman-temannya.
"Teecu hanya menjadi pembantu dan penunjuk jalan saja bersama....dia ini...." Swi Nio menunjuk kepada Liem Toan Ki dan mukanya menjadi merah.

"Siapa dia?"

The Kwat Lin memandang tajam kepada Liem Toan Ki yang cepat maju menjura dengan hormat.

"Maafkan, Pangcu...."

"Aku bukan Ketua Bu-tong-pai lagi, aku adalah bekas Ratu Pulau Es!" jawab Kwat Lin ketus.

"Maaf, saya bernama Liem Toan Ki dan Bu-moi adalah calon istri saya."

"Ibu, dia ini yang pernah menyerbu Bu-tong-pai dan dialah tentunya yang membawa minggat Suci!" tiba-tiba Bu Ong berkata. Toan Ki diam-diam memuji kecerdikan anak laki-laki itu dan dia terkejut sekali.

"Benar demikian, saya yang dahulu menjadi petugas An Goanswe menyelidiki Bu-tong-pai dan kemudian mengajak pergi Bu-moi yang sekarang menjadi calon istri saya."

The Kwat Lin mengerutkan alisnya. Laki-laki ini sebenarnya telah menghinanya sebagai bekas Ketua Bu-tong-pai dan sebagai guru Swi Nio, akan tetapi diam-diam dia menerima isyarat mata Kiam-mo Cai-li, maka dia menoleh kepada Swi Nio sambil bertanya,

"Benarkah kau menjadi calon isterinya?"

Muka Swi Nio menjadi merah sekali.
"Benar, Subo. Kami saling mencinta, akan tetapi teecu dan dia berjanji hanya akan melangsungkan pernikahan setelah dendam saya terbalas, yaitu setelah kerajaan sekarang jatuh dan dikuasai An Goanswe."

"Hemm, sudahlah. Kalau kau dan calon suamimu ini hanya membantu, siapa yang menjadi utusan An Goanswe menghadap padaku?"

"Mereka inilah," Swi Nio menunjuk kepada tiga orang teman-temannya. “Dia adalah Pat-jiu Mo-kai, dan Totiang ini adalah Siok Tojin, Lo-enghiong itu adalah Tan Goan Kok. Mereka bertiga yang menjadi utusan An Goanswe.”

The Kwat Lin memandang tajam kepada tiga orang itu seolah-olah hendak menimbang bobot mereka dengan matanya. Pat-jiu Mo-kai yang tertua dan dianggap pemimpin rombongan apalagi karena dia yang pandai bicara dibandingkan Tan Goan Kok yang kasar dan jujur, apalagi dengan Siok Tojin yang jarang sekali membuka mulut, segera tertawa.

"Ha-ha-ha, kami bertiga pun hanyalah pembantu-pembantu rendahan saja dari An Goanswe, akan tetapi kami menerima kehormatan untuk menjadi utusan Beliau menghadap Toannio The Kwat Lin yang namanya terkenal sebagai Ratu Pulau Es dan Ketua Bu-tong-pai, juga menghadap Kiam-mo Cai-li yang juga amat terkenal di dunia Kang-ouw sebagai seorang wanita yang amat lihai dan cerdas sekali. Kami merasa amat terhormat dapat menjadi tamu-tamu di Rawa Bangkai ini."

Kiam-mo Cai-li Liok Si yang memang amat cerdas, kini mendahului Kwat Lin dan berkata,

"Tidak tahu apakah kedatangan Cuwi ada hubungannya dengan pesan kami kepada An Goanswe"

"Dugaan Cai-li benar sekali. Kami berlima adalah utusan An Goanswe untuk menghadap Jiwi dan untuk bicara dengan Jiwi. An Goanswe telah menerima pesan Jiwi dan sebagai jawaban An Goanswe mengutus kami untuk bicara."

"Lalu bagaimana keputusan An Goanswe tentang ajakan kami untuk bekerja sama?" The Kwat Lin bertanya.

"An Goanswe merasa amat senang menerima surat Jiwi dan tentu saja An Goanswe menerima dengan kedua tangan terbuka uluran kerja sama Jiwi itu. Sudah lama An Goanswe merasa kagum, terutama sekali melihat siasat gemilang yang berhasil baik sehingga Jiwi sekalian dapat menyelundupkan orang menjadi kepercayaan Yang Kui Hui. Hanya sayang, pada saat terakhir siasat gemilang itu mengalami kegagalan karena orang kepercayaan Jiwi tidak dapat menahan nafsu berahinya. Kami diutus oleh An Goanswe untuk menyampaikan pesan bahwa jika Jiwi suka membantu dari dalam, yaitu berusaha menanam tenaga-tenaga bantuan di dalam kota raja dan kalau mungkin di dalam istana agar kelak memudahkan penyerbuan ke kota raja apabila saatnya yang tepat tiba, maka An Goanswe akan berterima kasih sekali."

Mendengar pesan An Lu Shan yang di sampaikan oleh Pat-jiu Mo-kai ini, hati kedua orang wanita itu menjadi girang sekali sungguhpun kegirangan itu tidak terbaca di wajah mereka.

"Kami yang tidak mempunyai pasukan besar memang tahu diri dan tentu saja hanya akan membantu dari dalam seperti yang diusulkan An Goanswe. Kami dapat menerima usul itu dan sebaiknya kita rencanakan siasat-siasatnya bersama." The Kwat Lin berkata.

"Sebelum kita berunding dan mengatur siasat agar dapat kami sampaikan kepada An Goanswe terlebih dahulu kami harus menyampaikan semua pesan Beliau untuk Jiwi. Selain usul itu juga An goanswe mengatakan bahwa pekerjaan membantu dari dalam itu merupakan pekerjaan yang amat rumit, sulit, dan berbahaya. Hanyalah orang-orang yang memiliki ilmu kepandaian yang amat tinggi saja yang akan dapat berhasil dan An Goanswe ingin memperoleh keyakinan bahwa para pembantunya tidak akan gagal."

Mendengar kata-kata kakek berpakaian tambalan itu, merahlah wajah The Kwat Lin dan hatinya menjadi panas.

"Hemm, ucapanmu itu berarti bahwa kalian hendak menguji kepandaian kami?"

Sambil tertawa Kiam-mo Cai-li yang melihat kemarahan kawannya itu bangkit berdiri dan meloncat ke tengah ruangan yang luas itu sambil berkata,

"Memang sudah seharusnya demikian! An Goanswe adalah seorang Jenderal besar yang cerdik pandai, tentu akan menguji setiap orang sekutu atau pembantunya. Nah, biarlah aku yang lebih dulu memperlihatkan kepandaian. Siapakah di antara Cuwi berlima yang hendak menguji?"

Dengan lagak memandang rendah Kiam-mo Cai-li berdiri dan memandang ke arah lima orang utusan itu. Tentu saja Bu Swi Nio tidak berani bergerak, juga Liem Toan Ki yang sudah maklum akan kehebatan ilmu kepandaian wanita Majikan Rawa Bangkai itu mengerti bahwa dia bukanlah tandingannya.

Melihat wanita yang usianya lima puluh tahun itu masih cantik menarik dan memegang sebatang payung, berdiri dengan sikap memandang rendah, Siok Tojin yang sejak tadi diam saja sudah bangkit. Ilmu kepandaian tosu ini amat tinggi terutama ilmu pedangnya, dan di dalam rombongan itu dia merupakan orang ke dua yang terpandai.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar