FB

FB


Ads

Kamis, 24 Januari 2019

Bukek Siansu Jilid 051

Melihat betapa atasannya berada di atas genteng dan mengeluarkan perintah itu, Bhong-ciangkun terkejut dan cepat dia mengeluarkan aba-aba menyuruh pasukannya mundur. Kwee Lun ditinggalkan seorang diri, berdiri dengan kedua kakinya terbentang lebar, pakaian dan tambangnya berlumuran darah, gagah bukan main sikapnya.

Sisa anak buah Ciu-wangwe tidak ada lagi yang berani maju setelah para pasukan itu diperintahkan mundur. Apalagi ketika mereka itu mendengar bisikan teman-teman bahwa Ciu-wangwe telah tewas oleh dara di atas genteng itu!

Ketika Kwee Lun melihat betapa Swat Hong telah berdiri di atas genteng sambil membawa Gu-taijin, diam-diam dia menjadi kagum bukan main. Kiranya gadis itu amat cerdiknya. Tahulah dia bahwa dara perkasa itu hendak menggunakan kekuasaan Gu-taijin untuk membasmi kejahatan yang merajalela di Leng-sia-bun! Maka sambil tertawa bergelak dia pun melompat dan tubuhnya melayang ke atas genteng di mana dia berdiri di samping Swat Hong dan berkata mengejek,

"Hong-moi, bagaimana kalau kita dorong kotoran ini ke bawah saja dan melihat perutnya berhamburan di bawah sana?"

"Jangan.... jangan ... aduh, ampunkan saya...." Gu-taijin berkata memohon dengan rasa takut menghimpit hatinya.

"Kalau begitu, hayo kau membuat pengumunan dan perintah, menurutkan kata-kataku."

Swat Hong berbisik di belakang pembesar itu. Gu-taijin mengangguk-angguk, kemudian terdengarlah suaranya lantang mengikuti perintah yang dibisiki oleh Swat Hong.

"Hai, dengarlah baik-baik semua pembantuku dan semua penduduk Leng-sia-bun! Hari ini, dengan bantuan Kwee-taihiap dari Pulau Kura-kura, aku baru mengetahui bahwa di kota ini terdapat komplotan penjahat yang diketuai oleh Hartawan Ciu Bo Jin! Mereka mendirikan rumah judi, hotel pelacuran, dan rumah makan di mana terjadi segala macam kejahatan perjudian curang, pemaksaan terhadap gadis-gadis yang diculik untuk dijadikan pelacur dan penyogokan terhadap para petugas pemerintah! Sekarang Ciu-wangwe telah tewas! Anak buahnya akan diampuni asal saja mulai sekarang mau merobah watak dan tidak lagi melakukan kejahatan ! Dan semua wanita yang dipaksa menjadi pelacur, akan dibebaskan dan dikirim pulang ke rumah masing-masing dengan mendapat bekal masing-masing seratus tail perak! Semua ini harus dijalankan sebaiknya. Kalau ada yang melanggar dia akan dihukum sesuai dengan hukuman pemerintah dan selain itu, juga Kwe-taihiap sendiri akan selalu mengawasi dan memberi hukuman terhadap mereka yang tidak mentaati perintah kami ini!"

Tiba-tiba terdengar sorak-sorai penduduk dan terjadi keributan karena beberapa tukang pukul yang pernah berbuat sewenang-wenang, tiba-tiba dikeroyok oleh penduduk! Sekali ini, para pasukan pemerintah tidak ada yang berani melindungi para tukang pukul itu sehingga mereka mengaduh-aduh dan tidak berani melawan, mengalami pemukulan penduduk sampai babak belur! Dan para wanita pelacur yang berasal dari keluarga baik-baik dan yang dipaksa menjadi pelacur dengan berbagai ancaman dan siksaan, sudah menangis riuh-rendah, menangis saking girang, terharu, dan juga duka.

"Awas kau, Gu-taihiap. Kalau sampai semua ucapanmu tadi tidak kau laksanakan, kami akan melaporkan bahwa engkau sebagai seorang kepala daerah telah diperalat oleh orang jahat dengan jalan sogokan dan selain itu kami akan datang kembali khusus untuk menyembelih lehermu!"

Swat Hong berbisik dengan nada penuh ancaman. Pembesar itu mengangguk-anggukkan kepalanya seperti seekor ayam mematuki gabah. Ketika dia mengangkat muka memandang, ternyata kedua orang itu telah lenyap dan dia hanya berdiri sendiri saja di atas genteng yang begitu tinggi. Tentu saja dia menjadi ngeri sekali.

"Bhong-ciangkun.... tolong.... tolong saya turun....!"

Bhong-ciangkun telah melihat bayangan kedua orang itu berkelebat, maka dia lalu meloncat naik ke atas genteng dan membawa pembesar itu turun.

"Bagaimana, apakah hamba harus mengejar mereka?" Bhong-ciangkun berbisik.

"Hushhh...! Bodoh! Masih untung kita...." Pembesar itu berbisik kembali kemudian berkata lantang. "Hayo laksanakan perintahku tadi!"

Demikianlah, peristiwa itu menjadi semacam dongeng sampai bertahun-tahun di kalangan penduduk Leng-sia-bun dan betapa pun orang mencari kedua orang pendekar itu, tak pernah lagi mereka melihatnya. Memang Swat Hong dan Kwee Lun telah melarikan diri dari kota itu dan melanjutkan perjalanan mereka dengan hati puas.






"Hebat kau, Hong-moi!" Kwee Lun memuji. "Luar biasa sekali! Kalau tidak ada engkau yang membantuku dengan siasat yang cerdik itu, tentu akan lain jadinya! Aku masih sangsi apakah aku akan mampu menaklukan mereka! Tentu akan menjadi banjir darah, dan mungkin aku sendiri akhirnya mati dikeroyok."

"Ah, sudalah, Kwee-twako. Kau yang hebat, menggunakan tali merobohkan restoran dan dengan hanya bersenjatakan tambang dapat menghadapi pengeroyokan puluhan orang!"

"Tidak ada artinya dibandingkan dengan sepak terjangmu, Moi-moi. Engkau telah membantuku sehingga tugasku selesai dengan hasil baik. Tak pernah aku akan dapat melupakan ini! Dan sebagai balasanya, aku akan membantumu mencari ibumu dan suhengmu sampai berhasil pula!"

Wajah Swat Hong menjadi suram, dan dia menarik napas panjang.
"Hemm... Ibu dan Suheng pergi tanpa meninggalkan jejak. Kemana aku harus mencarinya?"

"Jangan khawatir, Moi-moi. Kalau memang Ibumu dan Suhengmu mendarat tentu kita akan dapat mencari mereka. Tempat yang paling tepat untuk mencari seseorang adalah kota raja. Memang belum tentu mereka berada di sana, akan tetapi setidaknya, di kota raja merupakan sumber segala keterangan sehingga kita dapat mendengar-dengar kalau-kalau ada berita dari dunia Kang-ouw tentang mereka."

Swat Hong Menyetujui pendapat ini Memang dia pun bermaksud mengunjungi kota raja, karena bukankah nenek moyangnya dahulu juga seorang anggauta keluarga raja? Mereka melanjutkan perjalanan dari luar kota Leng-sia-bun.

Makin lama melakukan perjalan bersama Kwee Lun, setelah lewat sebulan kurang lebih, makin sukalah Swat Hong kepada pemuda itu. Dia makin mengenal Kwee Lun, sebagai seorang yang benar-benar jantan, keras hati, teguh dan tidak mempunyai sedikit pun pikiran menyeleweng, suka bergurau, kasar akan tetapi kekasaran yang bukan bersifat kurang ajar melainkan karena terbawa oleh kejujurannya yang wajar dan tak pernah mau menyembunyikan sesuatu. Pendeknya, pemuda itu benar-benar seorang laki-laki yang gagah perkasa lahir bathinnya.

Di lain pihak, Kwee Lun juga merasa kagum kepada Swat Hong setelah dia mengenal sifat-sifat temanya ini yang amat cerdik, periang, jenaka namun keras hati dan kadang-kadang tampak keagungan sikapnya sebagai seorang puteri kerajaan! Namun dara itu sama sekali tidak angkuh atau sombong, sungguhpun kini dia harus mengakui bahwa ilmu kepandaiannya sedikitnya kalah dua tingkat dibandingkan dengan dara Pulau Es ini!

Oleh karena inilah maka ada keseganan di dalam hatinya sehingga biarpun dia yang selalu memimpin perjalanan dan menjadi petunjuk jalan, namun dalam segala hal, sampai dalam memilih makanan dan penginapan yang selalu dibayar oleh Kwee Lun, pemuda ini selalu minta pendapat dan keputusan Swat Hong!

Pada suatu hari tibalah kedua orang ini di kaki Pegunungan Tai-hang-san yang amat luas dan memanjang dari selatan ke utara. Tujuan mereka adalah Tiang-an ibu kota Kerajaan Tang. Di dusun ini mereka berhenti untuk makan di sebuah warung nasi sederhana. Mereka memesan nasi, mi, dan arak, Kwee Lun minta air hangat untuk Swat Hong agar nona ini dapat mencuci muka setelah melakukan perjalanan yang panas berdebu.

Ketika Swat Hong sedang bercuci muka dengan air hangat, menggosok mukanya dengan air bersih sampai kedua pipinya kemerahan, dia mendengar percakapan menarik dari arah dapur warung itu.

"Bukan main ramenya !" terdengar suara seorang laki-laki, agaknya pekerja di dapur itu. "Lebih ramai daripada kalau melihat dua orang jago silat berkelahi! Bayangkan saja! Harimau mengaum sampai bumi tergetar, lalu menubruk dan mencakar ke arah biruang itu. Akan tetapi si biruang juga tidak kalah lihainya, dia menggereng dan aku yakin engkau sendiri tentu akan terkencing-kencing mendengar gerengan itu! Dia dapat menangkis dengan kaki depannya dan balas menggigit. Mereka saling cakar, saling gigit, mula-mula saling menangkis lalu bergumul! Bukan main!"

"Ahhh, sudahlah. Siapa percaya omonganmu? Paling-paling kau melihat orang mengadu jangkerik dan kau kalah bertaruh lagi! Lebih baik lekas masak air, tehnya hampir habis."

Swat Hong cepat menghampiri Kwee Lun dan berbisik,
"Agaknya di sini ada jejak suhengku!"

"Ehhh....?” Kwee Lun bertanya heran. "Ada orang di dapur tadi bercerita tentang pertandingan antara harimau dan biruang, dan kalau tidak salah perasaan hatiku, itu biruang kepunyaan suheng."

"Eh? Suhengmu memelihara biruang?" Kwee Lun bertanya makin heran lagi.

"Belum kuceritakan kepadamu, Twako. Ketika aku berpisah dari suheng, dia sedang mengobati seekor biruang terluka. Tentu biruang itu menjadi jinak dan menjadi binatang peliharaannya."

"Aduh! Suhengmu tentu hebat sekali, berani mengobati seekor biruang!"

"Sudahlah, Twako. Kalau kelak dapat bertemu, engkau dapat berkenalan dengan suheng sendiri. Sekarang harap kau suka tanyakan kepada pekerja di dapur tentang biruang yang diceritakannya tadi."

"Mengapa tidak panggil saja dia ke sini? Hei, Bung pelayan!" Pelayan itu segera menghampiri. "Tolong kau panggilkan sahabat yang tadi berbicara tentang biruang, dia bekerja di dapur. Cepat!"

Pelayan itu terheran-heran, akan tetapi dia masuk juga ke dalam dan tak lama kemudian, dia kembali ke situ bersama seorang laki-laki muda yang kelihatan takut-takut. Laki-laki ini kurus kecil dan memakai pakaian koki, agaknya dialah tukang atau pembantu tukang masak di warung itu.

"Saya.... saya tidak tahu apa-apa...." begitu tiba di dekat meja, orang itu berkata.

Kwee Lun menggerakkan tangannya tak sabar.
"Aahh, mengapa takut? Kami hanya tertarik mendengar cerita biruang bertanding dengan harimau. Di manakah kejadian itu dan bagaimana asal mulanya?” Kwee Lun mengeluarkan sepotong uang dan memberikan kepada orang itu. "Nah, ceritakanlah! Jangan takut-takut, ini hadiahnya."

Orang itu menerima hadiah dan setelah memandang ke kanan kiri dia bercerita.
"Pagi tadi, sebelum masuk bekerja saya menemani Saudara Misan saya mengantar segerobak kayu bakar ke atas sana...." dia menuding ke luar warung.

"Ke atas mana?"

"Di Puncak Awan Merah, tempat tinggal Siangkoan Lo-enghiong. Kami berdua mengantarkan kayu bakar dan melihat ribut-ribut di sana. Mendengar gerengan-gerengan dahsyat, saya lalu menyelinap dan mendahului saudara saya, mengintai. Ternyata di sana sedang diadakan permainan yang luar biasa, yaitu adu harimau dan biruang! Entah milik siapa biruang itu, akan tetapi harimau itu saya kenal sebagai harimau peliharaan Siangkoan Lo-engkeng yang biasanya di dalam kerangkeng. Bukan main ramenya dan saya takut sekali. Agaknya di tempat Siangkoan Lo-enghiong ada tamu yang membawa biruang...."

"Siapa tamunya? Bagaimana macam orangnya?" Swat Hong mendesak penuh ketegangan hati.

Akan tetapi orang itu menggeleng kepala.
"Bagaimana saya bisa tahu? Di atas sana banyak orang, murid-murid Lo-enghiong dan orang-orang seperti kami tidak mempunyai hubungan dengan Puncak Awan Merah, kami tidak diperbolehkan naik kecuali kalau ada pesanan dari sana. Hanya kadang-kadang saja Siocia atau murid Lo-enghiong yang turun ke sini. Melihat pertandingan yang amat dahsyat itu, saya ketakutan dan cepat lari turun lagi...."

Swat Hong mengerutkan alisnya. Mungkinkah suhengnya "kesasar" sampai di tempat ini? Tiba-tiba Kwee Lun bertanya,

"Yang kau sebut Siangkoan Lo-enghiong itu, apakah dia bernama Siang-koan Houw?"

“Nama lengkapnya mana saya tahu?" Orang itu menggeleng kepala, kelihatannya takut-taku.

"Julukannya Tee Tok (Racun Bumi), bukan?"

Orang itu makin ketakutan, akan tetapi dia mengangguk.
"Pernah saya mendengar muridnya bicara menyebut julukan itu.... harap Ji-wi maafkan, saya masih banyak pekerjaan di dapur." Dia tidak menanti jawaban, kembali ke dapur dengan sikap ketakutan.

"Aihh, kiranya Teek-tok sekarang tinggal di tempat ini!" kata Kwee Lun.

"Twako, siapakah racun bumi itu?"

"Hemm, seorang yang luar biasa! Dapat dikatakan saingan suhu, menurut cerita suhu, sukar dikatakan siapa yang lebih unggul. Dia adalah seorang di antara tokoh-tokoh dunia kang-ouw yang sudah terkenal sekali. Aku sendiri baru mendengar namanya dari suhu saja. Menurut suhu, dia adalah seorang yang gagah perkasa dan jujur, akan tetapi sayang sekali, hati ganas dan kejam terhadap orang yang tak disukainya dan dia amat lihai dan berbahaya sebagai seorang ahli racun yang mengerikan. Karena itu julukannya adalah Racun Bumi. Sungguh tidak dinyana bahwa dengan orang seperti dia!"






Tidak ada komentar:

Posting Komentar