FB

FB


Ads

Rabu, 31 Desember 2014

Sepasang Pedang Iblis Jilid 002

“Omitohud....! Kalian ternyata mengandung niat buruk dan berkeras hendak menghalangi pinceng mengambil putera keturunan murid Siauw-lim-pai itu. Hemm...., baiklah, kita sama melihat saja siapa yang akan dapat mengambil anak itu sekarang!”

Setelah berkata demikian hwesio kurus ini duduk bersila menghadap kuil, jelas bahwa biarpun sikapnya tenang namun ia sudah mengambil keputusan untuk merintangi siapa saja memasuki kuil!

Sementara itu, malam telah tiba dan rombongan Thian-liong-pang memisahkan diri, berada di sebelah kiri, sedangkan rombongan Pulau Neraka berada di sebelah kanan. Agaknya mereka itu tidak ada yang berani turun tangan lebih dulu karena sama-sama maklum bahwa pihak lain tentu akan merintangi mereka mengambil anak yang berada di dalam kuil!

Kalau saja tidak muncul hwesio Siauw-lim-pai yang lihai itu, tentu terjadi pertempuran di antara mereka, memperebutkan anak tadi! Akan tetapi kini mereka tahu bahwa siapa pun yang turun tangan lebih dulu, tidak hanya akan menghadapi rombongan lawan, melainkan juga menghadapi hwesio yang mereka tahu tak boleh dipandang ringan. Maka mereka diam saja mengatur siasat sambil membuat api unggun dan berbisik-bisik mengatur dan mencari siasat!

Api unggun mereka bergerak-gerak seperti tertiup angin, padahal tidak ada angin bertiup sedikit juga. Selagi kedua rombongan itu terbelalak kaget, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang keadaannya amat menyeramkan hati mereka. Laki-laki itu masih muda, berwajah tampan akan tetapi sebelah kakinya, yang kiri buntung! Laki-laki itu tahu-tahu telah berdiri di situ, bersandar pada tongkat bututnya dan yang amat mengherankan adalah rambutnya yang dibiarkan riap-riapan, akan tetapi rambut yang tebal panjang itu berwarna putih semua!

Orang-orang kedua rombongan ini adalah orang-orang yang selama bertahun-tahun tidak pernah terjun ke dunia ramai, maka mereka tadi tidak mengenal Siauw Lam Hwesio dan tidak mengenal pula siapa gerangan pemuda berkaki buntung itu. Padahal pemuda ini jauh lebih terkenal daripada hwesio Siauw-lim-pai itu, karena dia ini bukan lain adalah Suma Han atau Pendekar Super Sakti, atau juga terkenal dengan sebutan Pendekar Siluman oleh mereka yang pernah menjadi korban kesaktian dan ilmu sihirnya yang mengerikan!

Para pembaca cerita “Pendekar Super Sakti” tentu telah tahu betapa di dalam hidupnya yang kurang lebih dua puluh lima tahun itu, pendekar ini mengalami banyak sekali tekanan batin dan yang terakhir sekali batinnya amat tertekan dan kesengsaraan serta kekecewaannya dalam hidup membuat rambutnya semua menjadi putih!

Kini datang untuk memenuhi permintaan mendiang Bhok Khim pada saat wanita itu akan melepaskan napas terakhir. Bhok Kim telah meminta kepadanya agar Pendekar Super Sakti atau Pendekar Siluman ini suka merawat dan mendidik puteranya yang ditinggalkan di kuil tua ini!

Di dalam bagian terakhir cerita “Pendekar Super Sakti” telah diceritakan betapa Suma Han ini setelah melaksanakan pernikahan adik angkatnya, Lulu yang menikah dengan Hoa-san Gi Hiap Wan Si Kiat, lalu pergi meninggalkan dunia ramai untuk merantau dan berusaha melupakan segala pengalaman hidupnya yang penuh derita batin.

Akan tetapi ia tidak melupakan pesan Bhok Kim, maka ia lalu menuju ke tempat yang dikatakan oleh Bhok Kim dalam pesan terakhirnya. Akan tetapi betapa heran hatinya ketika ia melihat dua rombongan orang berada di tempat itu dan lebih-lebih lagi herannya ketika ia mengenal hwesio tua kurus kering yang duduk bersila di depan kuil.

Ia mengenal hwesio ini ketika dahulu bersama adik angkatnya ia mengunjungi kuil Siauw-lim-si, bertemu dengan hwesio sakti Kian Ti Hosiang dan pelayannya, yaitu Siauw Lam Hwesio yang kini duduk bersila di tempat itu!

Sejenak pendekar berkaki buntung ini menyapukan pandang matanya ke arah kuil dan keningnya berkerut ketika ia melihat senjata-senjata rahasia dan kepulan-kepulan asap kemerahan yang dapat ia lihat di bawah sinar api unggun kedua rombongan. Akan tetapi ia lalu menghampiri Siauw Lam Hwesio, menjura dan berkata.

“Maaf, kalau saya tidak salah mengenal, bukankah Locianpwe ini Siauw Lam Hwesio dari Siauw-lim-si?”

Hwesio tua itu bersila sambil samadhi memejamkan kedua matanya, namun seluruh panca inderanya ia tujukan untuk menjaga kuil sehingga setiap gerakan ke arah kuil pasti akan diketahui olehnya. Maka dapat dibayangkan betapa kagetnya ketika tahu-tahu ada suara orang menegur di depannya, padahal dia sama sekali tidak mendengar gerakan orang datang, apalagi sampai mendekatinya!

Hal ini saja dapat dibayangkan betapa hebat kemajuan yang didapat pendekar ini semenjak dia mengunjungi Siauw-lim-si beberapa tahun yang lalu. Dan memang tidak mengherankan apabila gerakannya begitu halus dan ringan karena Pendekar Super Sakti tni bergerak dengan ilmunya Soan-hong-lui-kun!

Mula-mula Siauw Lam Hwesio tidak mengenal Suma Han. Dahulu, ketika pendekar itu mengunjungi Siauw-lim-si, pemuda itu belum buntung kaki kirinya. Akan tetapi, karena kunjungan pemuda itu amat mengesankan dan karena wajah dan rambut panjang itu hanya berubah warnanya, Siauw Lam Hwesio segera merangkap kedua tangan di depan dada dan berkata penuh takjub.

“Omitohud....! Terpujilah nama Buddha yang Maha Pengasih! Kiranya Sicu berada di sini pula? Dan kaki kiri Sicu....? Ah, syukurlah.... sungguh pinceng ikut merasa bahagia melihat kaki kiri Sicu sudah buntung!”

Ucapan hwesio itu cukup lantang dan karena keadaan di situ amat sunyi, maka semua orang kedua rombongan mendengar ucapan itu. Mereka saling pandang dan merasa heran, diam-diam mereka menganggap betapa ucapan hwesio tua itu kurang ajar dan tidak patut. Memang, bagi yang tidak mengerti, tentu saja amat tidak pantas mendengar orang merasa bahagia melihat orang terbuntung kakinya!

Suma Han, pendekar itu pun merasa heran, akan tetapi sama sekali tidak tersinggung, hanya merasa heran mengapa hwesio tua ini mengerti bahwa buntungnya kaki kirinya merupakan hal yang amat menguntungkan baginya! Maka ia pun segera menekuk lutut kaki tunggalnya dan duduk bersila di depan hwesio itu sambil bertanya,

“Locianpwe! Bagaimana Locianpwe tahu akan keadaan kaki saya?”

Hwesio itu tersenyum dan memandang pendekar sakti itu.
“Lupakah Sicu akan pesan mendiang Kian Ti Hosiang?”

“Aahhhhh....! Locianpwe yang sakti itu telah meninggal dunia? Sungguh saya merasa menyesal sekali....!”

“Omitohud....! Mengapa, Sicu? Beliau telah bebas daripada kesengsaraan, mengapa disesalkan? Tentu Sicu masih ingat betapa dahulu Beliau memberi nasihat kepada Sicu agar membuntungi kaki kiri Sicu, bukan? Nah, setelah Sicu pergi, pinceng tidak dapat menahan keheranan hati dan mengajukan pertanyaan yang hanya dapat dijawab singkat oleh Kian Ti Hosiang bahwa kalau kaki kiri Sicu tidak dibuntungi, Sicu takkan dapat berusia panjang....! Maka, pinceng sekarang ikut merasa bahagia melihat betapa Sicu telah diselamatkan daripada ancaman bahaya maut.”

Suma Han mengangguk-angguk dan memuji.
“Betapa sakti mendiang Kian Ti Hosiang! Betapa tajam penglihatannya, sungguh saya merasa kagum sekali. Sekarang, bolehkah saya bertanya mengapa Locianpwe berada di sini? Dan Siapa pula kedua rombongan itu? Dan keadaan di sekeliling kuil itu? Apa yang telah terjadi, Locianpwe?”






Hwesio tua itu menghela napas panjang.
“Ruwet sekali, Sicu....! Putera seorang murid Siauw-lim-pai berada di dalam kuil dan sudah menjadi tugas pinceng untuk merawat dan mendidiknya. Akan tetapi ternyata rombongan-rombongan dari Thian-liong-pang dan Pulau Neraka datang pula dengan niat yang sama, yaitu mengambil anak itu sesuai dengan perintah Ketua-ketua mereka. Entah mengapa mereka hendak mengambil anak itu. Mereka lalu mengurung kuil dengan racun dan kami semua mengambil keputusan untuk mencegah masing-masing mengambil anak itu. Susahnya, pinceng tidak mau menggunakan kekerasan karena pinceng tidak ingin menarik Siauw-lim-pai bermusuhan dengan Thian-liong-pang maupun Pulau Neraka.” Dengan singkat Siauw Lam Hwesio menuturkan peristiwa yang terjadi

Suma Han mendengarkan penuh keheranan. Kemudian ia berkata lirih agar tidak terdengar oleh orang-orang di kedua rombongan,

“Locianpwe, terus terang saja, kedatangan saya ini pun dengan maksud untuk mengambil anak itu, putera mendiang Bhok-toanio.”

Hwesio itu terkejut, memandang tajam akan tetapi jantungnya berdebar aneh ketika pandang matanya bertemu dengan pandang mata pendekar itu. Ia bergidik. Pandang mata pendekar ini benar-benar hebat, bukan seperti mata manusia!

“Mengapa, Sicu?” tanyanya lirih.

“Saya datang atas permintaan Bhok-toanio sendiri dalam pesannya terakhir.”

Suma Han lalu menceritakan pesanan Bhok Khim kepadanya setelah wanita itu tidak berhasil meninggalkan pesan kepada kedua orang suhengnya yaitu Khu Cen Thiam dan Liem Sian.

Siauw Lam Hwesio mengangguk-angguk dan mencela murid-murid Siauw-lim-pai itu.
“Mereka terlalu dipengaruhi perasaan, tidak ingat lagi akan perikemanusiaan. Betapa bodohnya dan pinceng memuji kemuliaan hati Sicu. Kalau begitu, baiklah, biar anak itu ikut bersama Sicu.”

“Tidak, Locianpwe. Setelah Locianpwe berada di sini, sudah sepatutnya kalau putera Bhok-toanio itu ikut bersama Locianpwe. Saya sendiri hidup sebatangkara, miskin papa tidak mempunyai rumah. Saya khawatir kalau-kalau anak itu hanya akan menderita dan terlantar bersama saya. Sebaiknya dia ikut dengan Locianpwe agar mendapat didikan yang baik dan kelak bisa menjadi seorang manusia yang berguna. Pula, Bhok-toanio menyerahkan anak itu kepada saya hanya karena terpaksa dan di sana tidak ada orang lain lagi. Locianpwe atau lebih tepat Siauw-lim-pai lebih berhak atas diri anak itu.”

Hwesio tua itu mengangguk-angguk.
“Sicu benar. Anak keturunan orang itu perlu sekali mendapat didikan yang benar agar tidak menjadi seorang sesat seperti.... darah keturunannya. Akan tetapi, bagaimana pinceng dapat mengambil anak itu tanpa menanam permusuhan dengan mereka?” Hwesio itu memandang ke arah dua rombongan.

Ucapan terakhir hwesio itu tentang darah keturunan sesat, menikam ulu hati Suma Han. Akan tetapi hanya sebentar karena perasaan tertusuk ini segera tenggelam dan lenyap dalam kekosongan hatinya. Dia pun seorang yang mempunyai darah keturunan sesat, bahkan nenek moyangnya, bangsawan yang ber-she Suma, terkenal sebagai orang-orang jahat!

Dia kini menoleh ke arah dua rombongan, melihat betapa pemimpin kedua rombongan itu, yang terdiri dari dua orang duduk bercakap-cakap di dekat api unggun masing-masing sedangkan anak buah mereka membuat api unggun sendiri dalam jarak yang agak jauh, siap menanti perintah mereka.

“Harap Locianpwe jangan khawatir. Saya mempunyai akal untuk mengundurkan mereka.”

“Sicu, ingat. Pinceng tidak menghendaki kekerasan, apalagi penumpahan darah. Kehidupan putera Bhok Khim tidak boleh dimulai dengan penumpahan darah dan pembunuhan!”

Suma Han tersenyum, mengangguk.
“Saya mengerti, Locianpwe. Harap Locianpwe menyerahkan hal ini kepada saya.”

Ia lalu bangkit berdiri dan berjalan terpincang-pincang meninggalkan hwesio itu yang memandang bengong melihat pemuda itu lenyap ditelan kegelapan malam.

Dua orang Thian-liong-pang duduk di depan api unggun, membicarakan pemuda berkaki tunggal yang pergi terpincang-pincang dan lenyap dalam gelap. Si Muka Tengkorak berkata lirih.

“Sebaiknya dia pergi. Aku sudah khawatir kalau-kalau dia membantu Si Hwesio.”

“Hemm, bocah berkaki buntung seperti itu bisa apakah? Andaikata membantu Si Hwesio Siauw-lim-pai, seorang di antara anak buah kita tentu dapat membinasakannya!” kata Si Mata Sipit.

“Ahh, Sute. Jangan memandang rendah dia. Tidakkah kau melihat sinar matanya tadi? Hihhh, seperti mata setan! Dan rambutnya yang putih semua itu! Dia seperti siluman saja. Ngeri aku melihatnya!”

“Ah, Suheng! Andaikata dia siluman sekalipun, aku tidak takut kepadanya! Kalau dia berani muncul, kutabas batang lehernya dengan pedang ini!”

Si Mata Sipit mengeluarkan sebatang pedang yang tadi tidak dipergunakannya ketika menghadapi dua orang Pulau Neraka.

“Dia tentu bukan orang Siauw-lim-pai dan menurut pesan Pangcu, hanya orang-orang partai besar saja yang harus kita indahkan dan jaga jangan sampai kita bentrok dengan mereka. Atau kubuntungi lagi kaki tunggalnya, hendak kulihat dia bisa berbuat apa?”

Tiba-tiba terdengar suara lirih di depan mereka,
“Ha-ha-ha, aku memang siluman. Pendekar Siluman! Kalian mau bisa berbuat apa terhadap seorang siluman? Bocah itu putera murid Siauw-lim-pai, harus ikut dengan hwesio Siauw-lim-si. Kalau kalian masih banyak ribut, kutelan kalian hidup-hidup!”

Dua orang itu terbelalak kaget. Suara itu datang dari dalam api unggun! Mereka menatap api unggun dan tampak oleh mereka betapa asap api unggun menebal, bergulung ke atas dan.... asap tebal itu membentuk tubuh seorang raksasa! Makin lama makin jelaslah bentuk itu dan muncullah seorang raksasa yang besarnya tiga empat kali ukuran manusia biasa, raksasa yang wajahnya persis pemuda berkaki buntung tadi, kakinya buntung, tongkat butut di tangannya, rambutnya riap-riapan putih dan kini “raksasa” itu mengulur tangan kanan hendak menangkap mereka!

“Huuuuhhh....! Sii.... siluman....!”

Si Mata Sipit terloncat kaget, lupa akan ancamannya, bahkan pedangnya terlepas dari tangan yang menggigil.

“Siluman.... siluman raksasa....!” Si Muka Tengkorak juga melompat bangun.

Mukanya sendiri seperti tengkorak, seperti siluman yang tentu akan menimbulkan rasa ngeri di hati orang yang melihatnya, akan tetapi kini dia berdiri terbelalak, kedua kakinya menggigil. Kemudian kedua orang jagoan ini lari terbirit-birit diturut oleh anak buahnya yang juga melihat “siluman raksasa” itu!

Keributan ini terdengar oleh rombongan Pulau Neraka. Mereka menjadi terheran-heran melihat rombongan lawan itu lari pontang-panting sambil berteriak-teriak ada siluman! Karena mereka tidak melihat sesuatu, mereka diam-diam mentertawakan rombongan Thian-liongpang yang mereka anggap pengecut dan penakut, seperti sekumpulan anak-anak kecil yang ketakutan dan melihat yang bukan-bukan di dalam tempat sunyi itu.

“Hi-hik, sungguh lucu! Mereka itu mengaku sebagai orang-orang Thian-liong-pang dan kabarnya Thian-liong-pang mempunyai banyak orang pandai. Sekarang, di tempat sunyi ini mereka ketakutan dan lari karena melihat siluman?” Wanita bermuka jambon tertawa.

“Huh! Siluman? Kita dari Pulau Neraka sudah lama dianggap manusia-manusia siluman maka tentu saja kita tidak takut siluman. Lebih baik lagi kalau mereka melarikan diri sehingga pekerjaan kita menjadi ringan. Besok pagi kita harus dapat membawa lari anak itu dari sini!” kata laki-laki muka ungu sambil menaruh lagi ranting kayu kering untuk membesarkan api unggun.

“Tapi.... bagaimana dengan hwesio tua itu? Dia tentu akan merintangi kita dan tentu kita akan mendapat teguran kalau kita terpaksa harus membunuhnya. Kalau tidak dibunuh, bagaimana kita bisa mengambil bocah itu?” Sumoinya membantah.

“Apa sukarnya? Kita boleh menggunakan akal. Dia hanya seorang diri, dan kita berjumlah banyak. Kita atur begini....” Dia kini bicara bisik-bisik. “Biarlah besok kutantang dia. Dia toh tidak akan dapat memasuki kuil. Kutantang dia bertanding, dan selagi aku melawan dia, engkau bersama anak buah kita menyerbu ke kuil, membawa lari bocah itu!”

“Akan tetapi dia lihai sekali, Suheng. Bagaimana kalau Suheng kalah?”

“Kalau dia terlalu lihai, engkau membantuku dan biar anak buah kita yang menyerbu ke dalam kuil. Kita keroyok dia dan setelah bocah itu dapat dirampas, kita tinggalkan dia. Apa sukarnya?”

“Akan tetapi.... senjata-senjata rahasia kaum Thian-liong-pang itu. Berbahaya sekali.”

“Hemm, mereka telah lari cerai-berai. Kita berjumlah banyak. Suruh anak buah kita membersihkan senjata-senjata rahasia yang tersebar di depan kuil. Besok setelah matahari terbit, kita bergerak serentak dan pasti berhasil.”

“Aihh, Suheng lupa akan bocah buntung tadi. Bagaimana kalau dia muncul?”

“Biarkan dia muncul! Kita takut apa? Sikapnya saja menyeramkan, akan tetapi bocah itu bukan setan, hanya manusia biasa, manusia yang cacad pula. Dengan kakinya yang hanya sebuah, dia bisa apa? Apakah engkau takut, Sumoi?”

“Aku? Takut? Hi-hi-hik! Lucu sekali, Suheng. Sejak kapan aku takut kepada bocah buntung seperti dia itu?”

Wanita muka jambon itu bangkit berdiri, mendekati api unggun dan membesarkan api unggun sambil berkata lagi,

“Untuk membuktikan bahwa aku tidak takut, kalau benar dia berani muncul, akan kupenggal lehernya dan kubawa pulang kepalanya untuk hiasan dinding di kamarku....”

Tiba-tiba ia berhenti bicara, matanya terbelalak, tangannya masih memegang ranting membesarkan api, mulutnya terbuka lebar. Juga suhengnya sudah meloncat berdiri dan memandang dengan mata terbelalak. Ternyata di atas api unggun telah berdiri pemuda buntung yang mereka bicarakan tadi, akan tetapi pemuda buntung itu tubuhnya tinggi besar seperti raksasa. Selagi kedua orang Pulau Neraka ini tertegun, terdengar “raksasa” itu berkata, suaranya besar parau.

“Engkau akan menabas kepalaku dan hendak membawa kepalaku sebagai oleh-oleh? Untuk hiasan dinding kamar? Nah, ini kuberikan kepalaku kepadamu!”

Raksasa itu menjambak rambutnya sendiri, membetot dan.... kepala raksasa itu copot dan kini tergantung di tangan kanannya yang diulur untuk menyerahkan kepala itu kepada wanita bermuka jambon!

“Cel.... celaka.... ib.... iblisssss....!”

Wanita itu melompat ke belakang, menahan air kencingnya yang hampir keluar saking takutnya. Suhengnya sudah mendahuluinya lari terbirit-birit. Keduanya kini lari pontang-panting dan anak buah mereka juga lari sambil berteriak-teriak karena mereka dikejar seorang raksasa yang memegangi kepalanya yang copot!

Siauw Lam Hwesio hanya melihat betapa kedua rombongan itu secara aneh melarikan diri, padahal dia hanya melihat Suma Han menghampiri mereka dan bicara lirih, Hwesio tua ini sudah memiliki banyak pengalaman, dan juga dia memiliki ilmu kepandaian tinggi sekali. Akan tetapi apa yang disaksikannya itu benar-benar membuat ia tidak mengerti, kagum dan menarik napas panjang lalu berbisik,

“Omitohud....! Dia itu.... manusia ataukah siluman....?”

Akan tetapi diam-diam ia merasa bersyukur bahwa kedua rombongan itu telah pergi sehingga besok akan memudahkan baginya membawa pergi putera Bhok Khim. Dia tidak berani memasuki kuil malam itu karena masih ada bahaya racun mengancam.

Besok setelah matahari bersinar, baru ia akan mencari akal untuk memasuki kuil dan menghindarkan diri daripada bahaya racun yang mengancam. Dia tidak melihat Suma Han muncul lagi, maka diam-diam ia bersyukur dan berterima kasih lalu melanjutkan samadhinya sambil memasang perhatian kalau-kalau ada musuh yang berniat buruk memasuki kuil malam itu.

Akan tetapi malam itu tidak ada terjadi sesuatu. Pada keesokan harinya, ketika embun pagi telah mulai terusir pergi oleh sinar matahari yang kemerahan dan cuaca sudah mulai terang, Siauw Lam Hwesio membuka matanya dan bangkit berdiri.

Akan tetapi, suara di sebelah belakang membuat ia menengok dan alangkah kecewa dan cemas hati hwesio ini ketika melihat bahwa kedua rombongan dari Thian-liong-pang dan Pulau Neraka itu ternyata masih berada di situ, biarpun kini dalam jarak yang agak jauh dan ternyata kedua rombongan itu kini menjadi satu!

Agaknya, keduanya telah bicara tentang siluman dan bersepakat untuk menghadapi rintangan menakutkan itu bersama! Kini, setelah malam terganti pagi dan melihat hwesio tua telah bangkit berdiri, merekapun berindap-indap mulai mendekati kuil!

Melihat ini, Siauw Lam Hwesio berkata,
“Apakah kalian masih belum mau pergi dan membiarkan pinceng mengambil putera murid Siauw-lim-pai?”

Si Muka Tengkorak, tokoh Thian-liong-pang itu berseru,
“Tidak bisa! Kami tidak boleh membiarkan engkau mengambil anak itu!”

Laki-laki bermuka ungu juga berkata,
“Losuhu, biarpun engkau dibantu siluman, kami tidak takut! Kami bersama akan menghadapi siluman itu, baru kemudian kita bicara tentang anak yang kita perebutkan!”

“Hemm, pinceng sebetulnya tidak ingin bermusuhan dengan siapapun juga. Akan tetapi hendaknya kalian ingat bahwa sekali ini, Siauw-lim-pai bertindak untuk urusannya sendiri karena anak itu adalah anak dari murid Siauw-lim-pai, berarti masih keluarga Siauw-lim-pai. Maka apabila pinceng mengambil anak itu dan Cu-wi menghalangi, berarti bahwa Cu-wi yang mencari permusuhan dengan Siauw-lim-pai, bukan pinceng yang sengaja menimbulkan pertentangan!”

“Ha-ha-ha, Siauw Lam Hwesio. Setelah matahari bersinar dan tidak ada Pendekar Siluman yang main sulap lagi, kini bicaramu lunak sekali. Siapa bicara tentang permusuhan antara partai? Sekarang adalah urusan pribadi di antara kita! Siauw Lam Hwesio, aku menantangmu bertanding, apakah engkau berani?”

“Omitohud! Selamanya pinceng tidak pernah minta bantuan orang lain. Kalau semalam kalian lari pontang-panting karena Suma-sicu, hal itu adalah kehendak pendekar itu sendiri. Dan selamanya pinceng tidak pernah mengadakan pibu dengan siapapun juga. Sekarang pinceng tidak ingin berurusan dengan kalian, baik atas nama partai maupun perorangan. Pinceng hendak mengambil anak itu!”

“Eh, hwesio penakut! Aku menantangmu, apakah kau tidak berani? Apakah keberanianmu hanya mengandalkan Pendekar Siluman? Di mana dia sekarang? Seekor siluman akan lari kalau melihat sinar matahari, apakah semalam itu bukan siluman ciptaan ilmu hitammu sendiri!” Wanita muka jambon mengejek.

Tiba-tiba terdengar suara dari dalam kuil.
“Siapa mencari Pendekar Siluman? Aku berada di sini!”

Tiba-tiba pintu kuil terbuka dan muncullah Suma Han, terpincang-pincang sambil memondong seorang anak laki-laki yang memandang kepadanya dengan wajah berseri. Suma Han terpincang-pincang sampai depan kuil, ditonton oleh semua orang yang memandang terbelalak karena senjata-senjata rahasia itu masih bertebaran di situ dan asap kemerahan masih mengepul tipis!

Tiba-tiba Suma Han menggerakkan kaki tunggalnya dan bagi para anak buah kedua rombongan, tubuh pendekar kaki buntung itu lenyap. Akan tetapi, dua orang tokoh Pulau Neraka dan dua orang tokoh Thian-liong-pang, juga Siauw Lam Hwesio, melihat betapa pemuda buntung itu mencelat ke atas tinggi sekali, berjungkir balik lima kali di udara melewati asap kemerahan dan meluncur turun di dekat mereka tanpa mengeluarkan suara sedikitpun.

“Hebat....! Menyenangkan sekali....!”

Anak laki-laki dalam pondongan Suma Han yang diajak mencelat tinggi lalu berjungkir balik lima kali itu tidak menjadi cemas, bahkan bertepuk-tepuk tangan dan bersorak kegirangan! Ia masih bersorak ketika Suma Han menurunkannya ke atas tanah.

“Siapa mencari aku? Aku Pendekar Siluman berada di sini! Dengarkanlah wahai kalian orang-orang Thian-liong-pang dan orang-orang Pulau Neraka! Aku sama sekali bukan pembantu Siauw Lam Hwesio dari Siauw-lim-pai! Aku bertindak atas kehendakku sendiri dan semua yang kulakukan adalah menjadi tanggung jawabku sendiri! Aku mengambil anak ini dan kuserahkan kepada Siauw-lim-pai karena aku menganggap anak ini sudah seharusnya ikut dengan Siauw-lim-pai. Kalau ada di antara kalian yang tidak menerima, jangan menyalahkan Siauw Lam Hwasio, akan tetapi akulah yang bertanggun jawab!”

Surna Han lalu mandorong tubuh anak itu yang mencelat ke arah Siauw Lam Hwesio! Hwesio tua itu menerimanya dan memondongnya.

“Tidak! Aku lebih suka ikut denganmu, Paman Buntung!” Bocah itu berkata.

“Hemm, dengarlah, anak baik! Ibumu adalah murid Siauw-lim-pai, maka sudah menjadi kewajibanmu untuk belajar di Siauw-lim-pai, agar kelak menjadi seorang manusia yang berguna. Jangan membantah lagi!” Di dalam suara Suma Han terkandung wibawa yang membuat anak itu tidak berani lagi membantahnya. “Locianpwe, harap membawa pergi anak itu dan Lociapwe sudah tidak ada urusan lagi dengan mereka ini. Sayalah yang bertanggung jawab dalam urusan ini!”

“Omitohud....! Semoga Sang Buddha memberi bimbingan kepadamu, Suma-sicu,”

Siauw Lam Hwesio lalu pergi dari situ sambil memondong anak itu, diikuti pandang mata semua orang, namun tidak ada yang berani bergerak menghalanginya pergi.

Tiba-tiba dua orang Thian-liong-pang membentak marah dan kedua tangan mereka bergerak. Melihat ini, dua orang Pulau Neraka juga menggerakkan tangan dan berhamburan senjata-senjata rahasia berupa peluru-peluru bintang dan golok-golok terbang.

Akan tetapi tiba-tiba tubuh Suma Han lenyap dari depan mata mereka. Ketika senjata-senjata itu sudah lewat dan golok-golok terbang sudah kembali ke tangan pemiliknya, kiranya tubuh pendekar buntung itu tadi mencelat ke udara dan kini sudah kembali di tempatnya, berdiri tersenyum pahit sambil bersandar pada tongkat bututnya!

“Serbu....!” bentak dua orang pimpinan rombongan Pulau Neraka.

“Tangkap!” pimpinan Thian-liong-pang juga memberi aba-aba kepada anak buahnya.

Kini puluhan macam senjata bagaikan hujan menyerbu tubuh Suma Han. Pendekar ini menggerakkan kakinya, tubuhnya mencelat ke sana sini, tongkatnya berkelebatan dan terdengarlah bunyi nyaring berkali-kali susul-menyusul dan tampak senjata-senjata itu beterbangan dalam keadaan patah-patah.

Empat orang pimpinan kedua rombongan itu marah sekali, mereka maju serentak mengirim pukulan dengan pengerahan tenaga sin-kang mereka. Kini Suma Han mendorongkan kedua tangan ke depan, mengempit tongkatnya dan empat orang itu terdorong mundur, terhuyung-huyung akhirnya terbanting keras. Mereka merayap bangun dan wajah mereka berubah, gentar dan heran.

“Siapakah engkau, hai pemuda yang luar biasa?” Si Muka Tengkorak dari Thian-lion-pang bertanya.

“Namaku Suma Han!” jawab Pendekar Sakti itu sambil tersenyum duka, sama sekali tidak merasa bangga akan namanya.

“Engkau datang dari partai manakah dan siapa julukanmu? Kami perlu tahu untuk kami laporkan kepada Ketua kami!” tanya tokoh Pulau Neraka yang bermuka ungu.

Suma Han memandang orang ini, kemudian memandang orang-orang dari Pulau Neraka yang mukanya berwarna-warni itu. Dia tersenyum. Orang-orang ini adalah orang-orang aneh sekali, tentu mempunyai ketua yang luar biasa pula. Tidak baik menanam bibit permusuhan dengan mereka, maka ia sengaja berkelakar,

“Kalian sudah tahu bahwa julukanku adalah Pendekar Siluman! Adapun partaiku? Tidak ada partai, tempatku adalah Pulau Es!”

Di luar sangkaan Suma Han, mendengar ini, rombongan muka berwarna itu mengeluarkan seruan kaget sekali dan serentak dua orang pimpinan itu menjatuhkan diri berlutut di depan Suma Han, diturut oleh semua anak buahnya.

“Mohon diampunkan kelancangan hamba sekalian yang tidak mengenal sehingga telah berani bersikap kurang ajar terhadap To-cu (Majikan Pulau) dari Pulau Es!”

Tentu saja Suma Han terkejut sekali, akan tetapi hatinya girang karena hal itu berarti bahwa sikap bermusuh mereka telah habis.

“Sudahlah, harap kalian jangan bersikap sungkan. Di antara kita tidak ada permusuhan apa-apa, dan kuharap saja di masa depan kita tidak akan saling bentrok. Harap sampaikan salamku kepada Ketua Thian-liong-pang dan juga Ketua Pulau Neraka. Selamat berpisah!”

Setelah berkata demikian, Suma Han sengaja mengerahkan kepandaiannya sehingga dalam sekejap mata saja tubuhnya berkelebat dan lenyap dari depan mereka semua. Para anak buah dua rombongan itu bengong terheran-heran dan penuh kekaguman, apalagi kalau mereka teringat akan peristiwa malam tadi dan nama besar Pendekar Siluman mulai saat itu makin terkenal, bahkan semenjak hari itu, Suma Han lebih dikenal sebagai Pendekar Siluman daripada Pendekar Super Sakti!

**** 002 ****





Tidak ada komentar:

Posting Komentar